Rabu, 16 Mei 2012

LAPORAN OBSERVASI


POLUSI UDARA BAGI KELANGSUNGAN HIDUP DAN
UPAYA UNTUK MENGATASINYA


I.         PENDAHULUAN

Pencemaran terjadi pada saat senyawaan-senyawaan yang dihasilkan dari kegiatan manusia ditambahkan kelingkungan, menyebabkan perubahan yang buruk terhadap kekhasan fisik, kimia, dan biologis. Tentu saja, semua makhluk hidup bukan manusia juga menghasilkan limbah yang dilepaskan kelingkungan, namun pada umumnya dianggap bagian dari sistem alamiah, apakah mereka memiliki pengaruh buruk atau tidak. Pencemaran biasanya dianggap sebagai hasil dari tindakan manusia. Dengan demikian, proses-proses alamiah dapat terjadi dalam lingkungan alamiah yang sangat mirip dengan proses-proses yang terjadi karena pencemaran
Dalam kelanjutan hal ini perlu diadakannya observasi untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang timbul dari polusi udara tersebut. Adapun tujuan dari observasi kami yaitu untuk mengetahui dampak polusi udara bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi, dan untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi pencemaran udara.
Selain tujuan, observasi kami ini juga dapat memberikan manfaat dalam laporan ini yang berguna untuk semua masyarakat, adapun manfaat tersebut antara lain memberikan sumbangan pengetahuan dan bahan tambahan bagi masyarakat khususnya tentang dampak polusi udara bagi kelangsungan hidup manusia, sebagai bahan untuk mengkaji permasalahan tentang solusi yang tepat untuk mengatasi pencemaran udara, dan dapat menjadi bahan masukan bagi masyarakat untuk mengadakan pencegahan dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi pencemaran udara.

FAKTA-FAKTA DALAM OBSERVASI

Dalam melakukan observasi, kami menemukan suatu bukti atau yang dapat dikatakan sebagai fakta yang dapat memperjelas tentang adanya polusi udara yang dapat membahayakan masyarakat. Fakta-fakta tersebut kami dapatkan melalui mengambil gambar-gambar mengenai polusi udara pada saat kami melakukan observasi. Adapun fakta-fakta dalam observasi kami antara lain adanya kendaraan yang mengeluarkan asap kendaraan yang berlebihan dan pabrik-pabrik yang mengeluarkan asap yang berlebihan. Untuk memperjelas dapat dilihat pada gambar berikut.


 

  









II.         PERMASALAHAN  DALAM  LAPORAN  OBSERVASI

Dalam observasi mengenai polusi udara kami menemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan polusi udara. Adapun permasalahan polusi udara  yang kami temukan dalam observasi yaitu:
1.  Banyaknya masyarakat yang mengeluh terhadap asap kendaraan yang berwarna hitam dan mengandung gas-gas karbon, karena dapat menimbulkan gangguan pada sel dan organ tubuh lainnya yaitu berbentuk penyakit kanker dan perusakan pada sel tubuh.
2.   Asap kendaraan yang terlalu banyak dan berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan radang pada saluran pernafasan.
3.      Banyaknya asap kendaraan yang menyebar dapat mengganggu para pejalan kaki yang ada di trotoar atau pinggir jalan, karena saluran pernafasan mereka terganggu.
4.     Asap pabrik yang mengganggu masyarakat yang tinggal didaerah pabrik karena cerobong asap pabrik yang terlalu pendek, sehingga menyebabkan asap pabrik menyebar ke pemukiman penduduk (masyarakat) yang nanti dapat mengganggu kesehatan masyarakat tersebut.

FAKTOR PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

1.      Kecepatan kendaraan.      
Arus lalu lintas kendaraan bermotor dengan kecepatan rata-rata rendah akan menyebabkan pengingkatan konsentrasi terutama partikel karbon dioksida
dan Hidrokarbon yang lebih berbahaya mengganggu kesehatan daripada dengan kecepatan tinggi, dimana juga akan memproduksi lebih banyak emisi gas buang yang mengandung Nitrogen Oksida.
2.      Usia kendaraan yang lama.          
Mesin kurang berfungsi/sempurna akibat pemeliharaan dan suku cadang kendaraan yang terbatas/tidak diproduksi lagi
3.      Kondisi lalu lintas.           
Volume lalu lintas yang cenderung tinggi memberikan andil terbesar pencemaran udar
a.

DAMPAK PENCEMARAN UDARA BAGI KESEHATAN

a.       Kanker pada paru-paru atau organ tubuh lainnya.
b.      Terjangkitnya penyakit pada saluran tenggorokan yang bersifat akut maupun khronis.
c.       Menurunnya fungsi kerja paru-paru dan pertahanan imunitasnya melemah.
d.      Dapat menyebabkan iritasi dan radang pada saluran pernafasan.
e.       Terhambatnya pasokan oksigen ke jaringan tubuh.
f.       Dapat mengakibatkan penyakit jantung akibat darah yang tercemar oleh udara kotor yang di bawa oleh darah.

III.         SOLUSI DARI PERMASALAHAN OBSERVASI

1.      Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil terutama yang banyak mengeluarkan asap serta gas-gas karbon lainnya, serta menggagalkan pemakaian bahan bakar yang dapat membuat polusi udara karena dapat menyebabkan gangguan pada sel dan organ tubuh lainnya pada manusia.
2.      Melakukan pengolahan asap sebelum dilepas keudara, misalnya dengan memasang saringan atau bahan penyerap polusi pada kendaraan. Perlu juga adanya kerja sama dengan pabrik tempat produksi kendaraan, agar kendaraan yang di produksi tersebut dapat di perbaiki lebih lanjut, dimana pada setiap kendaraan yang diproduksi di pasang saringan atau bahan penyerap polusi agar kendaraan tidak mengeluarkan asap terlalu banyak, karena dapat mengganggu kesehatan terutama saluran pernafasan pada manusia.
3.      Memperbanyak penghijauan dan taman-taman dalam kota, agar lebih banyak gas karbon asap kendaraan  yang diserap tumbuhan untuk proses fotosintesis. Penghijauan juga bermanfaat uantuk menambah kadar oksigen. Adanya penyerapan gas karbon tersebut dapat membuat para pejalan kaki di pinggir jalan merasa lebih nyaman, karena gas-gas karbon yang biasanya keluar dari asap kendaraan kini telang diserap oleh tumbuh-tumbuhan yang telah ditanam disekitarnya.
4.      Membangun cerobong asap pabrik yang cukup tinggi  agar tidak menambah polusi yang terperangkap di atas kota atau di atas daerah pemukiman penduduk. Hal ini perlu kerja sama dari pihak pabrik, untuk membangun cerobong asap yang lebih tinggi agar asap-asap pabrik yang dihasilkan tidak menyebar di daerah tempat tinggal penduduk.

IV.         PENUTUP

KESIMPULAN

Secara umum pencemaran udara diartikan sebagai udara yang mengandung satu atau beberapa zat kimia dalam konsentrasi tinggi sehingga menganganggu manusia, hewan, tumbuhan dan benda-benda lain dalam lingkungan. dalam hal ini pencemaran udara yang diakibatkan oleh gas buang emisi kendaraan bermotor, dibutuhkan upaya segera dalam penanggulangannya. Permasalahan-permasalahan yang timbul mengenai polusi udara perlu diberikan solusi yang tepat agar permasalahan tersebut cepat terselesaikan dan tidak merugikan atau menganggu kelangsungan hidup manusia.

SARAN

       Diharapkan agar tiap minggunya diadakan bebas kendaraan supaya pencemaran polusi udara berkurang. Dan diharapkan semua individu yang hidup dibumi ini khususnya manusia, memiliki kesadaran tentang bahayanya polusi udara, sehingga dapat melakukan upaya-upaya yang dapat mengurangi polusi udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar