TUJUAN PEMBELAJARAN BAB I
BAB I : Keyakinan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa/LKS
BAB I : Saling Menghargai/AM
(Akhlak Mulia)
Kajian-kajian BAB I Saling Menghargai/AM
Kajiannya :
1.
Dapat menghargai
perbedaan-perbedaan dari adat-istiadat, budaya, agama, perilaku, pengendalian
diri, nilai-nilai, dan norma-norma, dan lain-lain.
2.
Dapat menunjukkan rasa
terimakasih atas bantuan yang diberikan orang lain dari berbagai
bentuk-bentuknya.
3.
Dalam penanaman nilai-nilai
bagi manusia, tentu berpengaruh terhadap norma-norma yang berlaku.
4.
Dengan saling menghargailah,
kita sebagai manusia akan tentu lebih meyakini dari yang kita miliki.
Pemahaman-pemahaman dari tujuan pembelajaran dari saling menghargai adalah :
1.
Setiap manusia sudah pasti
memiliki perbedaan satu sama lain. Oleh karena itu kita harus memiliki sikap
untuk lebih dapat menghargai
perbedaan-perbedaan yang ada. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap saling
toleran, menambah rasa saling menghormati satu sama lain, dan meningkatkan rasa
kebersamaan yang dapat memunculkan rasa percaya diri.
Contoh-contoh menghargai perbedaan :
·
Jika kita merantau ke suatu
daerah yang memiliki kebudayaan berbeda dengan kebudayaan yang ada didaerah
kita sendiri, maka kita patut mentaati, dan menghargai kebudayaan pada daerah
tersebut, walaupun kita memiliki budaya yang berbeda.
2.
Sebagai Makhluk sosial, kita
pasti memerlukan bantuan dari orang lain, karena kita tidak dapat hidup
sendiri. Semua bantuan yang telah diberikan kepada kita, pada umumnya kita
membalas bantuan tersebut dengan ungkapan “Terimakasih”, namun kita juga bisa
mengungkapkannya dengan berbagai cara, tidak hanya dengan kata-kata, melainkan
dengan menunjukkan perilaku.
Contoh :
·
Berterimakasih kepada orang
tua kita yang telah merawat, dan membesarkan kita serta memotivasi kita dengan
cara membantu pekerjaan orang tua dirumah sesuai dengan kemampuan yang kita
miliki, dan berusaha untuk menjadi yang terbaik untuk membanggakan orang tua
kita.
·
Berterimakasih kepada
guru-guru yang pernah mengajar dan membimbing kita dengan belajar lebih giat
untuk meraih prestasi dan cita-cita.
3.
Sebagai manusia yang hidup
bermasyarakat, kita harus dapat mengamalkan nilai-nilai yang berlaku di
masyarakat dan menunjukkan nilai-nilai tersebut kepada orang lain dengan
memikirkan, apakah dapat diterima atau tidak oleh orang tersebut? Karena pandangan
setiap orang berbeda-beda.
Contoh :
·
Seseorang menerapkan
penanaman nilai-nilai di tengah-tengah masyarakat dan masyarakat menyambut baik
hal itu karena tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
4.
Kita dituntut untuk saling
menghargai satu dengan yang lain. Dengan tujuan agar timbulnya rasa aman,
nyaman, dan tentram antara sesame manusia, dan apa yang kita rencanakan akan
berjalan sebagaimana mestinya. Dengan menghargai orang lain, tentu kita akan
dihormati pula dengan orang tersebut.
BAB II : Potensi Diri/LKS
BAB II : Kerja Sama/AM
(Akhlak Mulia)
Tujuan Pembelajaran Kerjasama Akhlak
Mulia
1.
Dapat menumbuhkan nilai-nilai
kesadaran yang sangat penting dalam kerja sama berpengaruh terhadap tujuan.
2.
Dapat mengetahui waktu-waktu
yang tepat sesuai dengan yang direncanakan di dalam meminta bantuan dalam
bentuk apapun.
3.
Mengutamakan kepentingan bersama
diatas kepentingan pribadi dari kerjasama yang kita perhatikan.
4.
Potensi diri bagi manusia
sangat berpengaruh terhadap nilai-nilai kerjasama kita.
5.
Harapan kita sebagai manusia,
nilai-nilai kerja sama perlu diperkuat dalam bentuk-bentuk yang dibutuhkannya.
Kajian-kajian kerjasama tersebut adalah
1.
Setiap anggota kelompok pasti
mempunyai nilai kesadaran. Nilai kesadaran tersebut perlu dinampakkan dalam
diri masing-masing untuk ikut berdiskusi dan bekerja dalam kelompok. Sehingga kegiatan
kelompok dapat segera terselesaikan.
2.
Kita harus bisa menempatkan
diri pada situasi dan kondisi yang tepat dan kita juga harus mengetahui kondisi
yang tepat dari orang yang akan dimintai bantuan atau pertolongan dalam
berbagai bentuk apapun.
Contoh:
·
Kita meminta tolong kepada
seseorang untuk mengajari tentang rumus-rumus Matematika, tetapi orang tersebut
sedang sibuk dengan pekerjaannya, Jadi, sebaiknya kita tidak meminta tolong
kepada orang tersebut.
3.
Kita harus mementingkan
kepentingan kelompok dalam menyelesaikan tugas kelompok, sebelum mengerjakan
tugas pribadi guna memajukan kelompok dan agar terciptanya suatu nilai
kebersamaan dalam bekerja sama pada suatu kelompok.
4.
Setiap anggota kelompok pasti
memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga jika ada kelompok yang memiliki
kekurangan, anggota yang lain seharusnya bisa menutupi kekurangan tersebut. Dan
sebagai anggota kelompok kita juga harus mengetahui potensi yang kita miliki
agar kita lebih mudah untuk mengetahui dengan siapa kita harus bekerja dan
dibidang apa? Hal ini dapat mengoptimalkan suatu nilai bekerjasama yang sesuai
dengan diri kita.
5.
Potensi diri berpengaruh
kepada tujuan kita karena dari potensi diri, kita dapat mengetahui tujuan kita
untuk menjadi apa di masa depan. Dan juga kita dapat mengetahui kelebihan yang
kita miliki.
thx2, ini sangat membantu....
BalasHapus